Kenali Komunitas Yahudi Indonesia Lebih Dekat

Kenali Komunitas Yahudi Indonesia Lebih Dekat

Pada beberapa artikel sebelumnya sudah menjelaskan tentang bagaimana cara Yahudi dan apakah sudah legal berada di Indonesia. Kali ini pada artikel ini akan coba membahas kenali komunitas Yahudi Indonesia lebih dekat lagi. Hal tersebut memang sewajarkan, karena memang semua agama yang ada di seluruh dunia pasti memiliki komunitas sendiri.

Bahkan ada beberapa yang mengatakan bahwa kadang ada beberapa hal yang memutuskan membuat komunitas. Dan yang paling utama karena alasan minoritas yang akan nantinya membuat mereka semakin kuat saat menyambut hal-hal lain.

Kali ini akan membahas tentang kenali komunitas Yahudi Indonesia yang ada pada saat ini di Ibu Pertiwi ini.

Benjamin Verbrugge Ketua Kumunitas Yahudi Indonesia – Kenali Komunitas Yahudi Indonesia

Mungkin nama yang satu ini hampir semua orang tidak ada yang mengetahuinya. Berbeda jika dibandingkan dengan pemuka agama dari agama muslim ataupun Kristen yang sudah cukup banyak mengenalnya.

Hal tersebut karena memang sosok yang satu ini merupakan ketua dari komunitas Yahudi yang adadi Indonesia.

Pria yang memiliki nama lengkap Benjamin Meijer Verbrugge sekilas seperti bukan nama asli dari Indonesia. Bahkan sekilas seperti nama seorang bule dari Eropa, padahal Pria yang satu ini sebenarnya asli keturunan dari tanah Jawa.

Yang satu ini merupakan selain ketua dirinya merupakan seorang Rabbi, dan sosok Benjamin ini sendiri lebih dikenal dengan nama Rabbi Ben.

Rabbi Ben sendiri sebenarnya bukan merupakan penganut Yahudi sejak dirinya lahir, melainkan pindah agama yang pada awalnya seorang Kristiani.

Alasan kepindahan dari Kristiani menjadi Yahudi karena memang dari keturunan sang Ibu. Yang saat itu merupakan penganut Yahudi asal Belgia, dan sementara sang Ayah merupakan beragama Islam yang berasal dari Jawa.

Menjadi Yahudi Sejak Usia 5 Tahun – Kenali Komunitas Yahudi Indonesia

Kenali Komunitas Yahudi Indonesia Lebih Dekat 1

Pada awalnya Ben memutuskan menjadi seorang Yahudi pada usia 5 tahun. Hal tersebut dikarenakan dirinya memutuskan untuk mengikuti agama dari sang Ibunda.

Yang jika ditelaah lebih dalam, bahkan sang Kakek dari Ben sendiri merupakan seorang Yahudi sejati asal Jerman.

“Dulu Opa saya kumpulkan cucu-cucunya dan dia bilang semua anaknya harus disunat. Sunat tidak ada hubungannya dengan agama.”

Pada awalnya Ben belum mengetahui apa sih sebenarnya agama Yahudi itu. Hingga pada akhirnya pada usia 13 tahun tepat saat pada tahun 2003 dirinya sudah mulai mendalami agama kepercayaan dirinya yang satu ini.

Hingga pada akhirnya Ben resmi ditunjuk sebagai Rabbi dan menjadi pemimpin dari Komunitas Yahudi Indonesia yang bernama The United Indonesian Jewish Community (UJIC).

Enggan Jadi Rabbi – Kenali Komunitas Yahudi Indonesia

Sebelumna bahkan Ben sempat menolak saat dijadikan sebagai Rabbi, namun lambat laun pada akhirnya harus menerima hal tersebut dan menjadi seorang Rabbi di Indonesia.

Karena pada awalnya enggan untuk menjadi pemimpin dari cukup banyak orang nantinya.

“Saya hanya lihat waktu itu, mereka ini mau kemana, jadi UIJC ini merupakan wadah bagi mereka yang memang benar-benar mau belajar.” Ujar Ben.

Hingga saat ini terhitung dirinya sudah membawahi total 116 orang yang menganut aliran Yahudi. Dan semua itu tersebar diseluruh Indonesia, mulai dari Jakarta, Bandung, Bali bahkan hingga Semarang sekalipun.

Bahkan tepat beberapa bulan lalu, dirinya baru saja melakukan upacara memperingati 42 tahun negara Israel mengembara di Padang Pasir. Yang saat itu dirinya sendiri yang menjadi pemimpin perayaan yang bernama Sukkit tersebut.

Sukkot sendiri merupakan salah satu hari raya besar bagi penganut keyakinan Yahudi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *