Asal Muasal Aliran Yahudi Masuk ke Indonesia

Asal Mula Aliran Yahudi Masuk ke Indonesia

Pada dasarnya memang beberapa tahun terakhir Indonesia memang sedang dalam masa krisis terutama saat negara ini mengecam keras Yahudi. hal tersebut yang dikarenakan adanya pembantaian yang dilakukan Israel kepada Palestina, namun disisi lain mengapa ada Yahudi di Indonesia. Kali ini akan coba membahas akan asal mula aliran Yahudi bisa masuk ketanah Ibu pertiwi.

Pada awalnya dikabarkan sebenarnya agama Yahudi sendiri sudah sangat eksis saat sebelum masa kemerdekaan. Aliran ini memang dibawa oleh para koloni Belanda, yang pada saat masa kemerdekaan cukup banyak orang akhirnya pindah agama.

Kebanyakan mereka memutuskan untuk memeluk agama Islam atau Kristen, yang saat itu dengan alasan keamanan diri. Dan kali ini akan coba membahas beberapa poin asal mula Aliran Yahudi di Indonesia.

Belanda Bawa Masuk Aliran Yahudi Eropa Timur – Asal Mula Aliran Yahudi

Asal Mula Aliran Yahudi Masuk ke Indonesia 1

Menurut Romi Zarman selaku peneliti Yahudi mengatakan bahwa kturunan utama Israel yang paling banyak masuk ke Indonesia berasal dari Eropa Timur.

Hal tersebut bisa masuk kebanyakan memang dari para koloni Belanda, yang dalam waktu 350 tahun sempat melakukan penjajahan di Indonesia.

Saat itu memang kondisi Ekonomi di Eropa Timur sedang carut-marut. Hingga pada akhirnya banyak orang Eropa yang memutuskan untuk bergabung dengan koloni Belanda yang saat itu menjajah Indonesia.

Yahudi Dibawa Pegadang Asal Arab – Asal Mula Aliran Yahudi

Selain dibawa oleh para Tentara Belanda, ternyata menurut sejarah bahwa aliran Yahudi sendiri sempat dibawa oleh para pedagang asal Arab. Loh bukannya Arab mayoritas memiliki aliran Muslim?

Hal ini sebenarnya ada penjelasan lebih jelasnya. Sebenarnya bagi para kaum Arab sendiri yang membawa aliran tersebut hanya semata memiliki ikatan darah saja.

Namun disisi lain mereka merupakan mayoritas pemeluk agama Islam. Yang diantaranya kebanyakan berasal dri Yaman, Oman hingga Arab Saudi sekalipun.

Yang diceritakan saat itu ada seorang Putra yang mendarat di kawasan Sumatera. Hal ini langsung membuktikan bahwa semua orang Arab pasti menganut agama Muslim.

Padang Jadi Saksi Berkembang Agama Yahudi di Indonesia – Asal Mula Aliran Yahudi

Asal Mula Aliran Yahudi Masuk ke Indonesia 2

Karena memang di penjelasan sebelumnya bahwa ada seoran Putra asal Arab yang menyebarkan agama Yahudi. Benar saja bahwa tepatnya di kota Padang asal mula berkembangnya Yahudi di Indonesia.

Tahun 1926 sosok bernama Samuel Isaac van Creveld yang merupakan penganut Yahudi memutuskan tinggal di kota Padang. Saat itu diriya merupakan tokoh penggagas akan terbitnya Tabloit Erets Israel.

Dan hanya dalam beberapa tahun saja, terhitung sebanyak 600 orang resmi menjadi pembaca dari tabloid ‘Harian Suara Israel’ tersebut. Dan pada tahun 1929 survei yang sangat mengejutkan muncul bahwa terhitung sebanyak 1095 jiwa resmi menjadi penganut Yahudi.

Namun berkembannya agama yang satu ini juga tidak lepas dari adanya kecaman dari beberapa pihak. Dan pada tahun 1928 pada akhirnya sang penerbit memutuskan untuk memindahkan kantor redaksi dari Padang ke Bandung.

Kondisi tersebut dikarenakan adanya Problematika yang terjadi antara Internal dan Eksternal dari perushaan. Dan mengapa Creveld memutuskan untuk ke kota Bandung.

Saat itu dikabarkan dirinya mendapatkan kabar akan adanya komunitas Yahudi yang sangat serius di kawasan Batavia (DKI Jakarta), yang hingga pada akhirnya sang pendiri mencari lokasi yang bagus.

Hingga pada akhirnya jatuh di kawasan Tanah Pasundan. Meski sebenarnya sangat jauh dari kawasan Batavia yang memang dipercaya sudah memiliki komunitas khusus Yahudi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *